h1

Hari ke Delapan dalam Diklat

September 21, 2016

This slideshow requires JavaScript.

Kepala MTs sejumlah 30 orang terdiri dari 16 Negeri dan 14 MTs Swasta di lingkungan Jawa Tengah dan DIY sedang mengikuti diklat di Balai Diklat Keagamaan Temugiring Banyumanik Semarang. Setelah pembukaan tanggal 14 September 2016 di awali dengan Pre Test secara on line, pada hari selanjutnya diawali dengan sesi Building Learning Commitment (BLC) dan Spiritual Leadership, Kamis, 15 September 2016. Kemudian sesi Kepemimpinan Pembelajaran selama seharian, Jum’at, 16 September 2016. Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Kebijakan Diklat Teknis oleh Kepala Balai Diklat bapak Drs. H. Syari’in, M.Pd.I. pada hari ke-empat. Pada hari ke-lima hari Ahad sesi Supervisi Akademik diisi oleh praktisi dari LPMP ibu Dr. Alif Noor Hidayati, M.Pd. Pada hari Senin dengan sesi Pengelolaan Sumber Daya Madrasah difasilitasi oleh ibu Rr Sri Sukarni K, S.Pd., M.Pd., dan sore sampai malamnya sesi Kewirausahaan difasilitasi oleh ibu Dra. Ratna Hartati, M.Si. Selasa dengan sesi Pengembangan SDM Aparatur Kementerian Agama difasilitasi oleh bapak Darwiyanto, S.Pd., M.Ed., dan siang sampai malam Penyusunan Renstra difasilitasi oleh bapak H. Muhtadi, S.Pd., M.Ed. Hari ke delapan Rabu, 21 September 2016 sesi Managemen Keuangan Madrasah difasilitasi oleh bapak Ahmad Subhan, MM. dan malamnya pos test secara on line. Besok pagi, Kamis, 22 September 2016 OL ke MTsN 1 Kudus Jawa Tengah dan Jum’at 23 September 2016 di pagi hari rencana penutupan kegiatan.

2 comments

  1. Usai sudah Diklat Substantif Tenaga Kependidikan Peningkatan Kompetensi Pembekalan Tugas Tambahan Kepala Madrasah Tsanawiyah Jateng dan DIY Angkatan ke II.
    Setelah post test pada hari Rabu malam Kamis, dan Kamis, 22 September 2016 mengadakan OL di MTsN 1 Kudus Jawa Tengah, sudah tentu sore dan malamya menyelesaikan tugas-tugas baik pribadi maupun kelompok sehingga malam Jum’at semua peserta cukup mengalami kelelahan tetapi meskipun lelah esok paginya sudah penutupan kegianan dan siap pulang.
    Penutupan yang dijadwalkan pukul 08.00 molor satu jam. Sambutan dari ketua panitia dan Kepala Balai DIklat menjadi perhatian dari semua peserta baik yang dari Kepala MTs maupun Guru-guru MI yang pada saat bersamaan juga di diklat.
    Penutupan selesai namun sejak malam hari sudah selesai packing sehingga sudah siap tolah dari balai diklat. Penulis dengan bapak Endro Purwanto, S.Pd dari Srumbung Magelang dan bapak Sukarlan, S.Pd. dari Sidoharjo Kulonprogo, bertiga meninggalkan balai diklat bersama menyusuri jalan utama Semarang-Yogyakarta. sesampai di Bawen belok kanan dan melalui ringroad kota Ambarawa. Sesampai di Magelang bapak Endro beralih kendaraan karena sudah dijemput dan tinggallah kami dengan bapak Sukarlan berdua. Sambil sharing dan berbincang-bincang ringan dan menyenangkan. Sebelum masuk wilayah DIY diguyur dengan hujan lebat dan berhentilah kami di warung sederhana dalam lingkungan pom bensin Salam dekat jembatan atau perbatasan DIY-Jateng.
    Setelah makan siang kami kembali melanjutkan perjalanan pulang, sesampai di kota Sleman belok kanan menyusuri jalan lewat Cebongan dan berhenti di Kantor Kemenag Sleman untuk menyampaikan surat dinas dari Balai Diklat Semarang. Sampailah di Gamping dan juga permintaan bapak Sukarlan turun untuk mempermudah juga mengambil kendaraannya yang dititipkan tempo hari. Selanjutnya penulis menjemput si bungsu di sekolahannya menkipun pada pukul empat sore harus penulis antar lagi ke sekolahan sebab malam Sabtu si bungsu ada kegiatan mabid.
    Sabtu pagi berjalan begitu cepat dan penulis berusaha tidak terlambat sampai madrasah. Sampai saat ini sudah berjalan satu minggu setelah diklat dengan kondisi kaki yang tidak mau kompromi sampai Senin, 26 September 2016. Alhamdulillah resep alami yang penulis konsumsi (sebuah nanas, lobak putih 250 gr, dan tiga buah kemiri) di blender dan penis minum pada Senin sore pelan tapi pasti memulihkan kondisi kaki penulis yang tidak mau kompromi sebelumnya. Alhamdulillah saat ini sudah pulih dan bisa beraktifitas seperti sedia kala.


  2. Alhamdulillah..sudah beberapa minggu kaki yang tidak kompromi membaik. Berbagai komentar dari kaki yang bengkak di tengah telapak kaki yang tempo hari cukup menghambat terutama ketika berjalan. Dari dokter yang di depan rumah telah di cek baik kadar gula darah, kolesterol dan asam urat semua baik kementarnya sepertinya asam urat tapi kok cek nya baik. Masih menjadi tanda tanya sang istri menyarankan periksa ke dokter penyakit dalam, tetapi penulis rasakan semua tidak ada keluhan. Baru kemaren kami tanyakan keponakan di Sukoharjo bisa saja karena disebabkan sakit gigi atau gigi berlubang pengaruhnya sampai ke kaki membengkak. Rasanya kok jauh amat tapi memang demikian keadaannya seiring dengan umur yang semakin bertambah gigi pun bertanggalan atau berlubang tetapi penulis juga sudah rajin ke dokter gigi. Wallahu A’lam.
    Allahumma’afini fi badani, aamiin



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: