h1

Pesta Buah Talok (Kersen/Kersem)

December 3, 2015

Akhir bulan Nopember dan awal Desember mulai banyak waktu turun hujan di lingkungan MTsN Godean. Beberapa pohon buah talok yang rimbun mulai di pangkas agar lebih indah dan asri seiring dengan musim hujan yang baru tiba dan panas matahari terkadang menyengat sehingga membuat hari-hari udara terasa panas namun bagi pohon talok yang berada di lingkungan kami tumbuh dengan segarnya dan diiringi dengan bunga lalu buah yang hijau menguning dan akhirnya memerah. Tentu untuk anak-anak suka akan buah talok bahkan bukan hanya anak-anak para guru dan pegawai pun ikut menikmati manisnya buah talok yang sedang berbuah banyak beberapa hari ini sehingga banyak yang berjatuhan sebelum dipetik. Boleh dikatakan sedang pesta buah talok yang dengan rasa manis khas segar. Ternyata buah talok banyak khasiatnya sebagaimana ditulis dalam http://manfaat.co.id/15-manfaat-buah-kersen-untuk-kesehatan ada 15 manfaat buah kersen bagi kesehatan, antara lain :
Mengobati asam urat, Menyembuhkan diabetes, Meredakan gejala flu, Mengatasi kejang atau kaku di bagian saluran pencernaan akibat gastritis dan diare, Sebagai antibakteri atau antiseptic, Menurunkan tekanan darah tinggi, Menurunkan kadar kolesterol dalam darah, Mengatasi infeksi, Anti-tumor, Meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit, Meredakan sakit kepala, Pembunuh mikroba, Kandungan air pada buah kersen dapat mengembalikan kelembaban alami kulit sehingga kulit akan terus terlihat segar, Mencegah dan menyembuhkan batuk, Mengatasi radang.
Selain buahnya tanaman buah kersen tak hanya bermanfaat di bagian buahnya saja. Daun tanaman kersen juga tak kalah berkhasiatnya dengan buah kersen. Daun tanaman kersen dapat diolah menjadi teh yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Cara pembuatannya cukup tidak sulit, cukup dengan mengeringkan daun kersen lalu seduh dengan air panas. Air panas yang tadinya bening akan berubah seperti air teh pada umumnya. Silahkan anda minum sehari dua kali untuk menurunkan tekanan darah tinggi, bagi yang menderita hipertensi.
Pengolahan Buah Kersen
Buah kersen dapat dikonsumsi langsung. Buah kersen juga dapat diolah menjadi sirup buah kersen yang segar. Cara membuatnya cukup mudah. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti :
Buah kersen yang matang
Kayu manis
Gula pasir
Garam
vanilla
Jangan lupa siapkan alat-alat yang diperlukan untuk membuat sirup buah kersen (botol untuk mengemas sirup), saringan, panci, penumbuk, dan ember.
Kemudian cara pembuatannya seperti berikut ini :
Cuci bersih buah kersen matang dengan menggunakan air bersih yang mengalir
Pisahkan kulit dan daging buah kersen. Ada cara mudah untuk memisahkan kulit dan daging buah kersen, yaitu dengan menumbuknya terlebih dahulu lalu rebus.
Ketika buah kersen sedang direbus, tambahkan gula pasir, garam, kayu manis, dan vanila. Perbandingan antara gula pasir dan buah kersen adalah 2:1
Setelah mendidih, saring dengan menggunakan saringan agar air dan ampas terpisah.
Setelah dingin, tuangkan air rebusan buah kersen ke dalam botol lalu tutup rapat.
Sirup buah kersen pun sudah jadi dan siap dibuat sebagai minuman segar atau untuk dijadikan topping kue dan desert lainnya.
Demikian tulisan ini semoga bermanfaat,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: