h1

Siap dengan Perjalanan Panjang

July 16, 2015

Sudah menjadi langganan keluarga penulis jika ‘Idul Fitri tiba siap dengan silaturrahmi ke tempat orang tua di Kudus Jepara Jawa Tengah. Berbagai fariasi kondisi perjalanan pernah penulis dan keluarga lalui. Ketika keluarga kami masih seumur jagung awal tahun 90-an kami pulang kampung dengan naik kendaraan umum atau bis jurusan Yogya Semarang lalu Kudus demikian pula ketika pulang dan tidak jarang juga naik kendaraan roda dua. Ketika maraknya persewaan mobil atau rental juga keluarga berkali-kali menggunakan jasa rental minus driver dan berawal dari pinjam mobil hanya tiga empat atau lima hari sampai paket rental tujuh hari dan harus bayar di muka. Meskipun tidak membawa mobil milik sendiri namun tetap pd saja sebab keluarga kami mempunyai langganan rental dan juga sempat kerjasama dalam usaha rental dengan asas saling menguntungkan, sehingga ketika kami pinjam mobil sewaktu-waktu jika ada mobil kosong terusan saja bisa dibawa dan ketika hari raya kami booking memilih mobil yang terbaik atau baru. Tertang waktu perjalanan pernah jauh hari sebelum hari H, pernah pula malam hari raya, tidak jarang bertepatan di hari raya seperti besok pagi atau siag kami telah siap melakukan perjalanan yang cukup jauh ke Kudus dan Jepara atau juga menyusuri jalan pantura menuju Pekalongan Jawa Tengah kemudian kembali ke Yogyakarta. Semoga lancar dalam perjalanan dan selamat pula atau selalu dilindungi Allah SWT amin.

8 comments

  1. Alhamdulillah perjalanan yang cukup panjang kami lalui mulai hari kemaren setelah shalat ‘Idul Fitri di alun-alun utara Yogyakarta dilanjutkan halal bihalal di masjid al-Amin Rotowijayan dan sejak malam takbiran keluarga sudah mempersiapkan diri untuk bekal perjalanan panjang. Perjalanan kami mulai meninggalkan DIY sekitar pukul sepuluh pagipagi dan sampai di rumah Ibu-Bapak jam dua siang. Sebab dalam safar kami langsung shalat jamak qoshor Dluhur dan Ashar di rumah Ibu dan bapak. Selain ketemu dengan ibu dan bapak kami disambut klg om Udin juga klg om H Fuad
    H Agus dan klg om Hasan. Klg om H Fuad sehari sebelum hari raya sudah pulang lebih dulu sedang om Hasan dan om H Agus baru datang atau sampai setengah jam sebelum klg kami sampai rumah. Sehabis mandi sore hari kami bersama silaturrahmi ke klg H Yisuf klg H Shon Zaini dan H. Moh Sholeh. Kemudian ke klg Hj. Dewi Rahmah klg Hj. Sutikhah klg HM Dahlan dan klg H Siti Aminah.


  2. Sehabis shalat maghrib siap siap mengikuti halal bi halal bani Ma’ruf dan Badi Daren di rumah dik Sony Wardana hampir seluruh klg hadir dalam acara silaturrahmi serta halal bi halal kemudian pulang dan istirahat di rumah ibu bapak. Menjelang shalat Shubuh sudah bangun siap-siap jamaah di mushalla kampung Rahayu atau Kerajan sehabis shalat siap berziarah ke makam leluhur yang di kebumikan di kuburan Ngemplak selanjutnya menuju kuburan Bendo beserta Ibu anak sulung om Udin om H Fuad om Hasan dik Keyla dan om H Agus. Sepulang dari ziarah ke kuburan sarapan pagi dan siap-siap ke Buaran silaturrahmi ke klg adik tertua adik Hj. Sri Mulyati kemudian pamit untuk perjalanan menuju kota Pekalongan. Alhamdulillah dalam perjalanan yang boleh dikatakan lancar sampai kota Pekalongan menjelang Dhuhur kemudian siap-siap shalat Dhuhur berjamaah di masjid sekalian shalat di jamak dengan shalat Ashar. Dan sampailah klg silaturrahmi ke klg Batik Kembar di kota Pekalongan.


  3. Pertama kali silaturrahmi ke rumah urang tua mbak Lia di Pekalongan dengan ramah tamah beberapa saat dengan menikmati makan siang masakan mbak Lia dan kami menikmatinya dengan baik sehabis makan siang dilanjutkan ramah tamah dengan klg mbak Lia setelah dirasa cukup kami pamit pulang ke Yogyakarta. Dan ternyata ibunda mbak Lia masih keluarga dengan almaghfurlah KH Zubair yang isterinya juga masih klg dari ibu penulis ibu Hj Zulaechah di kampung Rahayu Daren. Alhamdulillah.


  4. Sampai di Yogyakarta kemudian istirahat beberapa saat dilanjutkan perjalanan anak sulung mengantar silaturrahmi bude pakdenya ke Kepanjen Malang dan sampai di kota Malang dini hari 00.00 hari Senin, 20 Juli 2015 seharian silaturrahmi di kota Malang kemudian siap perjalanan pulang ke Yogyakarta. Demikianlah perjalanan panjang klg kami semoga membawa barokah hidayah dan dilindungi Allah SWT dan mampu mengantarkan hidup fiddunya hasanah wa filakhirati hasanah wa qina ‘adzabannar amin Allahumma amin


  5. Setelah seharian mas Iful putar-putar mengantar keluarga Kepanjen malam ini siap untuk perjalanan pulang ke Yogyakarta sudah tentu dengan perjalanan menembus arus lalu lintas yang cukup padat di hari H+4 dan besok pagi tentu sudah sampai Yogyakarta. Smoga dalam perjalanan selalu dalam kondisi aman dan lancar, amin.


  6. Ananda sulung yang mengantar bude dan pakdenya ke Kepanjen Malang, Alhamdulillah saat sekarang sudah sampai di Prambanan jadi tinggal beberapa saat lagi sampai rumah bude pakde di sebelah barat RM Mataram Indah. Alhamdulillah.


  7. Sudah tentu perjalanan yang panjang sejak hari H sampai hari ini terutama anak sulung kami yang lama memegang kemudi kendaraan cukup lelah dan tentu pula dengan menu makanan dan istirahat yang cukup. Alhamdulillahirabbil’alamin.


  8. Perjalaman panjang keluarga terutama anak Sulung yang boleh sikatakan non stop dengan istirahat beberapa saat dengan pesan manakala capek ataupun ngantuk segera cari tempat istirahat entah di pom bensin maupun di tempat pemberhentian yang aman atau di masjid.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: