h1

Sesi PTKp Penelitian Tindakan Kepengawasan

September 12, 2014

Dipandu oleh Bapak Drs. Mahfudz, MNLP dan Bapak Drs.Teguh Suyitno, M.Pd. dalam menyusun proposal PTKp. Masalah yang selama ini dianggap mengganggu yang dialami guru atau kepala madrasah yang berada di lingkungan masing-masing pengawas (manajerial atau akademik) diantaranya; kemampuan guru dalam menyusun RPP sesuai standar masih rendah, kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas/laboratorium/lapangan belum sesuai dengan standar proses (pendekatan scientifik), kemampuan guru dalam membuat, mengelola dan menggunakan media pendidikan dan pembelajaran masih rendah, kemampuan guru dalam memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan mutu pendidikan masih rendah, kemampuan guru dalam mengolah dan menganalisis data hasil penilaian masih rendah, kemampuan guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas masih rendah, guru belum melaksanakan proses pembelajaran dengan pendekatan PAIKEM, guru belum mampu menetapkan KKM mata pelajaran sesuai dengan  prosedur, kemampuan guru dalam membuat soal-soal evaluasi yang sesuai dengan IPK masih rendah, guru belum melaksanakan model-model pembelajaran yang berorientasi pada active learning, kemampuan kepala madrasah dalam pengelolaan administrasi madrasah masih rendah, kemampuan kepala madrasah dalam mengkoordinasikan pelaksanaan program bimbingan konseling masih rendah, dan masih banyak lagi yang masih bisa digali dalam kepekaan menemukan masalah yang diangkat dalam penelitian. Langkah mudah untuk melakukan PTM/PTKp; Pertama, mengidentifikasi masalah guru/kepala madrasah/madrasah; Kedua, fokus masalah yang telah teridentifikasi; Ketiga, menunjukkan data pendukung tentang masalah yang diangkat; Keempat, Mendiagnosis kemungkinan penyebab masalah  dan alternatif tindakan perbaikannya; Kelima, Apa indikatornya bahwa masalah tersebut sudah berhasil ditingkatkan atau diperbaiki?; Keenam, bagaimana cara mengukur indikator keberhasilannya?; Sampai tahapan keenam telah menetapkan; masalah yang akan diperbaiki, tindakan yang akan ditetapkan  untuk memperbaiki, indikator keberhasilan sebuah tindakan, dan teknik untuk memperoleh data. Sehingga langkah ketujuh adalah membuat proposal PTM/PTKp. Sehingga hal-hal yang harus diketahui: Bagaimana membuat judul? Bagaimana membuat latar belakang masalah? Bagaimana membuat rumusan masalah? Bagaimana membuat rumusan tujuan penelitian? Bagaimana membuat rumusan manfaat penelitian? Bagaimana membuat metode penelitian, yang meliputi; setting penelitian, prosedur pelaksanaan/siklus penelitian, metode pengumpulan data, metode analisis data, dan indikator keberhasilan. Bagaimana menulis kajian pustaka? Bagaimana membuat kerangka teori? Bagaimana menulis rumusan hipotesis tindakan? Bagaimana membuat rencana/jadwal PTM/PTKp? Bagaimana menulis daftar purtaka? Yang tidak kalah pentingnya PTM/PTKp dilampiri dengan bukti-bukti otentik yang mendukung proses penelitian. Sebagai contoh sistematika proposal PTM:

A. JUDUL
B. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang Masalah
2. Rumusan Masalah dan Pemecahan Masalah
a. Rumusan Masalah
b. Pemecahan Masalah
3. Tujuan Penelitian
4. Kontribusi/Manfaat Penelitian
C. KAJIAN TEORI/PUSTAKA
1. Teori Tentang Masalah
2. Teori Tentang Solusi
3. Kerangka Pikir
4. Hipotesis Tindakan
D. METODE PENELITIA
1. Setting Penelitian
2. Prosedur Penelitian
3. Pengumpulan Data
4. Analisis Data
5. Indikator Keberhasilan
E. JADWAL PENELITIAN
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. Skenario Tindakan
2. Instrumen (Pedoman ) Observasi
3. Pedoman Wawancara
4. Angket
6. Daftar Guru

RUMUS UNTUK PTK/PTKp ADALAH 5L (LAKUKAN, LAKUKAN, LAKUKAN, LAKUKAN, LAKUKAN)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: