h1

Keunggulan dan Prestasi Madrasah

March 21, 2013

Kata Madrasah sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di Indonesia berbeda dengan beberapa dasa warsa yang lewat memang terasa asing kata madrasah bagi kalangan awam. Kehadiran dua Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia di Serpong dan Gorontalo di penghujung tahun dua ribu mampu memotivasi semua madrasah di seluruh kepulauan nusantara untuk memiliki keunggulan dan prestasi sekurang-kurangnya di wilayah atau lokasi madrasah itu ada.

Madrasah yang amat sarat dengan nilai-nilai ke-Islaman sudah saatnya berbenah untuk memperbaiki system dan prosedur pelaksanaan terutama pada tataran praktis yang menyentuh pendidikan langsung kepada peserta didik, baik melalui pembelajaran yang bermutu dan berkualitas, juga pengkondisian lingkungan madrasah yang mendukung proses pendidikan bagi peserta didik yang berkualitas.

Akhlaqul Karimah seharusnya menjadi budaya di lingkungan madrasah dengan ide-ide, ucapan, serta tindakan atau perbuatan yang mencerminkan akhlak yang mulia, dipadukan dengan pesan-pesan kebaikan baik yang bersumber dari kitab suci al-Qur’an maupun Hadits-hadits nabi, atau kata-kata yang mengandung hikmah. Kesemuanya menjadi sarana untuk mendidik peserta didik di madrasah baik secara langsung mampu memberikan dampak positif bagi perkembangan dan pembiasaan kepada peserta didik di madrasah.

Semua prestasi yang mampu dicapai oleh masing-masing madrasah bukan menjadikan kesombongan atau kebanggaan yang berlebihan namun untuk bisa dijadikan introspeksi untuk lebih meningkat lagi dalam upaya berlomba untuk mencapai kebaikan (fastabiqul khairat).  Meskipun tidak dipungkiri masih banyak madrasah yang memiliki kekurangan-kekurangan atau kelemahan-kelamahan baik dilihat dari sisi faktor-faktor pendukung kelangsungan pendidikan di madrasah seperti; tujuan, pendidik/guru, peserta didik/siswa, sarana prasarana termasuk tempat ibadah atau majid/mushalla, lingkungan masyarakat dan keluarga serta seluruh stake holder madrasah.

Manakala semua kelengkapan faktor pendidikan di madrasah bersama-sama mendukung kemajuan proses pendidikan di madrasah sudah tentu suatu masrasah akan memiliki keunggulan dan prestasi, tetapi sebaliknya manakala faktor-faktor pendidikan di suatu madrasah menghambat untuk kemajuan madrasah, sudah tentu suatu madrasah bukannya memiliki keunggulan dan prestasi tetapi madrasah menjadi tidak diminati oleh masyarakat tidak menarik bahkan suatu madrasah akan tutup. Tentu bagi civitas madrasah tidak menginginkan madrasah tidak menarik dan tidak diminati masyarakat, sebab itulah mari siapa saja yang berkecimpung di madrasah untuk selalu meningkatkan bukan hanya dedikasi tetapi kualitas dalam kerja yang ditunjukkan dengan karya/kerja yang kreatif dan bermutu tinggi untuk mendidik peserta didik di madrasah.

Jika madrasah memiliki prestasi dan keunggulan akan memperoleh manfaat ganda pertama akan selalu dikenang akan keunggulan dan prestasi yang diperolehnya dan yang ke dua menjadi amal shalih yang pahalanya selalu mengalir tidak henti-hentinya, inilah yang di tuju. Sebaliknya manakala suatu madrasah tidak memiliki prestasi dan keunggulan maka yang diperoleh adalah kesedihan yang mengarah kepada kesalahan atau dosa dalam suatu instutusi madrasah entah salah urus, salah langkah, salah dalam merencanakan, dan sederetan kesalahan yang mungkin muncul dan ada dalam suatu madrasah, dah mudah-mudahan ini tidak terjadi.

Dengan kreatifitas, kedisipinan dan kegigihan, kecermatan dan kehati-hatian, keberanian dalam menghadapi dan mengambil sikap untuk maju semua stake holder madrasah, semoga prestasi dan keunggulan dapat diraih oleh madrasah-madrasah yang ada di negeri tercinta ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: