h1

Keluarga Sakinah Mawaddah wa Rahmah

August 2, 2012

Silaturrahmi yang kami lakukan bersamaan dengan ta’ziyah nenek Hj. Asiyah atau bude Hj. Ratmi Daren Nalumsari Jepara yang wafat pada hari Selasa, 31 Juli 2012 dan dikebumikan di pemakaman desa Daren pada hari Rabu, 1 Agustus 2012 sekitar pukul 09.00 WIB. Bude Ratmi adalah kakak satu bapak beda ibu dengan ayah kami H. Busiri dan selain bude Ratmi ayah juga punya saudara H. Mohari (Alm) dengan alamat Besito Kauman. Ketiga kakak beradik yang semuanya beda Ibu satu bapak yang bernama kakek Karimin (Alm). Ayah kami yang termuda dari ke tiga saudara dan ketika ayah kami dalam keadaan yatim sebab ditinggal wafat oleh kakek H. Karimin, ayah diasuh oleh bude atau mak tua Hj. Ratmi sampai berkeluarga dan memiliki tujuh orang anak. Bude Ratmi atau H. Asiyah menikah dengan pakde H. Ihsan atau H. Sargo. Keluarga pakde bude termasuk keluarga yang berkecukupan rezeki di tahun lima puluh dan enam puluhan bahkan sampai tahun tujuh puluhan sehingga pakde pernah sampai dua kali menunaikan ibadah haji yang pertama tidak dengan bude yang ke dua berangkat berdua. Namun keluarga bude tidak dikaruniai anak sampai keduanya wafat meskipun demikian keluarga bude dan pakde mengangkat anak yang bernama Ibu Hj. Fatimah yang sekarang masih hidup dan menikah dengan H. Yusuf sekarang dikaruniai anak lima orang dan semua sudah berkeluarga mereka (Moh. Sofwan, Hj. Siti Sofiah, Moh Sholihin, Moh. Najib, dan Ani). Di tahun tujuh puluhan bude juga mengasuh keluarga Hj. Kustinah (Kudus/Colo Dawe) – H. Makasin (Salatiga) dan keduanya sampai sekarang tinggal di Daren pula. Penulis dengan isteri meluangkan waktu untuk silaturrahmi ke Daren dan bertemu dengan keluarga besar kami sehingga kami kakak beradik ibu dan bapak saling melepas rindu teringat ketika kami masih sekolah dan kecil-kecil sering berkumpul dalam satu tempat tidur besar terurama ketika musim penghujan. Alhamdulillah kami bertujuh semua sudah berkeluarga dan semua sudah dikaruniai anak keturunan. Penulis (Yogya), Hj. Sri Mulyati, S.Pd.I. (Jepara), Sulis Tiyaningsih (Kudus-Jepara), Hj. Idayati, S.Pd. (Cepu), Nuruddin Toriq, S.Ag. (Jepara), H. Fuaddudin (Cepu), dan Hasanudin, SH (Cepu). Semoga keluarga besar kami semuanya mampu membina keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah, suatu kondisi keluarga yang tentram bahagia penuh dengan kasih sayang satu sama lain dan Allah ridha dan meridhai kami semua dengan kecukupan limpahan rizki yang halal lagi thayyib, anak keturunan yang shalih dan shalihah. Sehingga setiap kami ketemu di rumah orang tua kami selalu sharing bersama demi kebaikan kemaslahatan hidup semua keluarga kami, keluarga H. Busiri – Hj. Zulaechah kampung Krajan atau Rahayu Daren Nalumsari Jepara. Amin.

3 comments

  1. Alhamdulillah silaturrahmi kami kemaren, Ahad 3 Pebruari 2013 mampu melepas kerinduan dengan kedua orang tua dan adik-adik kami yang tinggal di Daren dan sekitarnya. Ibu Bapak dinda Sulis bulik Dewi Rahmah dan pakde Zainul besok malam tepatnya hari Rabu, 6 Pebruari 2013 pukul tiga malam berangkat dari rumah untuk menunaikan ibadah umrah ke tanah suci. Teriring do’a semoga semuanya lancar sejak persiapan saat di perjalanan ketika di Arab Saudi dan perjalanan pulang kembali dalam kondisi yang sehat wal afiat. Amin.


  2. Menepis isu yang beredar di masyarakat kampung Daren khususnya Rahayu atau Krajan Nalumsari Jepara bahwa ibu bapak dan dinda sulis berangkat menunaikan ibadah umrah dengan biaya menjual pekarangan milik bapak pemberian dari almarhumah Hj. Asiyah atau bude Hj.Ratmi itu semua tidak benar dan sekali lagi tidak benar. Memang dalam waktu yang hampir bersamaan sebagian tanah bapak diwakafkan untuk sebuah lembaga yang diasuh oleh bapak KH Shon Zaini serta Alhamdulillah Allah mengkaruniakan rezeki kepada Ibu bapak dan anak-anak ibu bapak sehingga kami anak-anak ibu dan bapak diantara wujud bakti kami bisa mendukung memberikan kontribusi mempermudah ibu bapak untuk beribadah umrah tahun 2013 meskipun ibu dan bapak sudah menunaikan ibadah haji di tahun 1992. Sedangkan dinda Sulis ikut serta umrah kali ini sebab tabungan dinda sulis yang dipersiapkan untuk beribadah haji sudah sekian nominalnya sehingga meskipun belum cukup untuk daftar haji kesempatan untuk mendampingi ibu bapak yang udzur terutama ibu yang penglihatannya sudah berkurang dibanding waktu muda, atau dinda Sulis ikut mendampingi ibu dan bapak terutama ibu yang penglihatannya agak berkurang akhir-akhir ini. Dengan harapan semuanya berjalan lancar sehingga sejak persiapan saat perjalanan, ketika di Arab Saudi, dan perjalan pulang bisa dilalui dengan selamat lancar dan sehat, dan juga ibadah yang dilakukan diterima Allah SWT, amin.


  3. Sudah berjalan tujuh hari Ibu Bapak dinda Sulis bulik Dewi Rahmah dan pakde Zainul meninggalkan kampung halaman Daren-Nalumsari-Jepara menuju ke tanah suci Makkah dan Madinah,dalam menunaikan ibadah umrah kali ini, Mengingatkan kami pada tempat-tempat yang kami lalui dalam rangkaian ibadah haji kami tahun 1433 H kemaren, baik ketika di Madinah maupun di Makkah meskipun ada perbedaan dalam rangkaian manasik haji dengan manasik umrah. Tempat itu antara lain Masjid Nabawi Madinah dengan Raudhah di dalamnya disamping makam nabi Muhammad. Masjidil Haram dengan Ka’bah dan sekelilingnya terdapat Multazam, Maqom Ibrahim dan Hijir Ismail terdapat juga talang emas, sepanjang Mas’a tempat ibadah sa’i. Juga zam-zam yang menyegarkan-menyehatkan-menjernihkan berada di banyak tempat seputar Masjidil Haram. Berkelanjutan hampir setiap habis shalat fardhlu teriring dengan do’a untuk Ibu Bapak dinda Sulis bulik Dewi Rahmah dan pakde Zainul semoga dikaruniai kesehatan-kemudahan-ketegaran dalam menunaikan ibadah umrah kali ini dan pulang kembali dengan membawa semangat hidup yang baru lebih Islami dari hari-hari sebelumnya. Teriring do’a pula semoga segera disusul oleh anggota keluarga kami lainnya untuk ibadah ke tanah suci Makkah dan Madinah untuk beribadah. Mudah-mudahan Allah memberikan jalan kepada semua keluarga kami berupa kemudahan untuk menuju ke tanah suci beribadah baik berhaji maupun berumrah. Allahumma aushil maqasidana biziyarati Ka’bata fi Makkata Mukarramata wa ziyarata Madinatul Munawwarata marratan kulla marrat, amin-amin-amin.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: