h1

Orientasi dan Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa di MMTC Yogyakarta

February 14, 2012

Selama tiga hari sejak kemaren Senin, 13 Pebruari 2012 tidak kurang dari 100 orang pejabat di lingkungan Kankemenag Propinsi DIY mengikuti Orientasi dan Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa di MMTC Yogyakarta. Sedangkan ujian akan dilaksanakan pada hari Kamis, 16 Pebruari 2012 oleh LKPP. Perpres nomor 54 tahun 2010 beserta penjelasannya menjadi bahan orientasi antara lain; Pengantar Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah; Persiapan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah bagian 1 dan 2; Pelaksanaan Pengadaan Barang; Pelaksaan Pengadaan Pekerjaan Konstruksi; Pelaksanaan Pengadaan Jasa LAinnya; Pelaksaan Pengadaan Jasa Konsultasi; Pelaksaaan Pengadaan Barang/Jasa dengan Swakelola; Pengadaan Barang/Jasa dengan Pendaya Gunaan Produksi Dalam Negeri dan Usaha Kecil dan dengan Dana Pinjaman/Hubah Luar Negeri; serta Penggunaan E-Procerement. Orientasi yang dibuka oleh Kakanwil Kemenag Prop. DIY diwakili oleh Kabag. TU Ibu Dra. Hj. Mas’amah, M.Pd.I. Sebagaimana di paparkan oleh ketua panitia bapak Drs. H. Mukhlash memiliki target PPK memiliki sertifikat pengadaan barang dan jasa dengan materi pemehaman Perpres nomor 54 tahun 2010, strategi pengadaan, penyusunan jadwal, penyusunan dokumen kontrak dan evaluasi, menguji, mengawasi PAGU, memeriksa dan studi kasus. Harapannya adalah kelulusan peserta orientasi dalam mengikuti ujian di hari Kamis dengan mempelajari serta mencermati dengan latihan-latihan dalam orientasi selama tiga hari. Pada hari pertama kelas dipandu dan dilatih oleh bapak Purwanto,SE.,M.Si. yang menjabat Kabid Pengelola Sarana MMTC Yogyakarta sejak tahun 2006. Prinsip pengadaan barang/jasa pemerintan sesuai Perpres 54 tahun 2010 adalah: 1) Efisien yaitu pengadaan barang/jasa harus diusahakan dengan menggunakan dana dan daya yang minimum untuk mencapai kualitas dan sasaran dalam waktu yang ditetapkan atau mengggunakan dana yang telah ditetapkan untuk mencapai hasil dan sasaran dengan kualitas maksimum; 2) Efektif yaitu pengadaan barang/jasa harus sesuai dengan kebutuhan dan sasaran yang telah ditetapkan serta memberikan manfaat yang sebesar-besarnya; 3) Transparan yaitu semua ketentuan dan informasi mengenai pengadaan barang/jasa bersifat jelas dan dapat diketahui secara luas oleh penyedia barang/jasa yang berminat serta oleh masyarakat pada umumnya; 4) Terbuka yaitu pengadaan barang/jasa dapat diikuti oleh semua penyedia barang/jasa yang memenuhi persyaratan/kriteria tertentu berdasarkan ketentuan dan prosedur yang jelas; 5) Bersaing yaitu pengadaan barang/jasa harus dilakukan melalui persaingan yang sehat diantara sebanyak mungkin penyedia barang/jasa yang setara dan memenuhi persyaratan, sehingga dapat diperoleh barang/jasa yang ditawarkan secara kompetitif dan tidak ada intervensi yang mengganggu terciptanya mekanisme pasar dalam pengadaan barang/jasa; 6) Adil/tidak Diskriminatif yaitu memberikan perlakuakn yang sama bagi semua calon penyedia barang/jasa dan tidak mengarah untuk memberi keuntungan kepada pihak tertentu dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional; dan 7) Akuntabel yaitu harus sesuai dengan aturan dan ketentuan yang terkait dengan pengadaan barang/jasa sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: