h1

Padat Penghuni

November 29, 2011

Sudah lebih dari tiga belas tahun penulis menghuni di wilayah perkotaan tepatnya di kampung Rotowijayan nDalem benteng Kraton. Pada awalnya kanan kiri muka dan belakang hampir tidak ada bangunan yang tingkat atau lantai dua atau lebih. Tetapi saat sekarang sekurangnya setengah dari penghuni di kampung sekitar penulis dibangun dua lantai bahkan ada yang lebih. Pada awalnya memang dari pihak pemerintah entah itu Lurah atau Camat mengingatkan penduduk yang membangun bangunan agar tidak membangun lantai dua di wilayah nDalem benteng Kraton tetapi saat sekarang karena semakin padat penghuni dan keterbatasan lahan seakan himbauan dari pihak manapun tidak dihiraukan oleh penghuni yang membangun tempat huniannya dengan bangunan yang semakin meninggi. Dalam suatu forum pernah disampaikan bahwa selain konvensi jeron benteng kraton tidak boleh tingkat dan maksimal tinggi bangunan adalah tujuh meter. Sejak kampung kami tanahnya mengalami pembebasan dari pihak Kadang Kadeyan Keraton Ngayogyokarto Hadiningrat di tahun 1998, pelan tapi pasti rumah hunian yang tadinya amat sederhana saat ini mengalami perkembangan yang amat pesat, tetapi perkembangan tempat hunian ini secara signifikan tidak diiringi dengan pajak PBB yang disetorkan tiap tahun. Jalan Rotowijayan memiliki sebutan Malioboro ke dua, dan sebutan ini memiliki keuntungan bukan hanya para pengusaha disekeliling kampung Rotowijayan tetapi juga nilai tambah bagi warga Rotowijayan secara keseluruhan. Kondisi yang padat penghuni ini memerlukan kesadaran seluruh warga dari semua generasi dan kalangan untuk menata kembali kampung hunian yang benar-benar bersih sehat aman dan nyaman, sekaligus menjadi nilai tambah secara ekonomis bagi warga kampung. Molo adalah istilah yang tidak asing bagi warga kampung Rotowijayan dengan berbekalkan kemampuan menggiring tamu untuk masuk toko kemudian jika tamu tadi membeli barang entah itu batik, kaos oblong atau barang lainnya, seorang atau beberapa orang yang molo mendapatkan fee dari pihak toko. Jika nasib mujur terutama pada hari libur, lebaran atau tahun baru, para pemolo mendapatkan in come yang lumayan besar. In come yang lumayan besar ini jika diberdayakan akan mampu melipatgandakan ketahanan keluarga para pemolo untuk keperluan sehari-hari, untuk membangun rumah atau untuk dana lain yang bermanfaat, tetapi in come yang cukup besar digunakan untuk berfoya-foya tak terkendali maka akan menjadi bumerang dan kehancuran bagi diri pemolo yang berakibat juga bagi sulitnya keluarga pemolo untuk memperoleh dana. Tidak jarang para pengusaha yang ada di kampung Rotowijayan yang termasuk sukses dulunya juga pemolo. Marilah semua warga di kampung Rotowijayan dengan segala kekurangan dan kelebihannya bersama-sama menata menjaga dan handarbeni kampung yang mudah-mudahan tetap sehat aman nyaman untuk dihuni. Amin

2 comments

  1. Kampung yang bersih dan didambakan warga terkadang terpupus manakala segelintir atau beberapa warga yang tidak mampu menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan dengan memenuhi gang atau jalan umum dengan barang barang yang menetap sehingga mengurangi space atau tempat untuk lewat warga baik dengan jalan maupun membawa kendaraan roda dua.


  2. Segelintir atau beberapa orang masih belum sadar atau tidak mengerti mejaga kebersihan kampung dengan membuang atau menaruh bungkus plastik bekas minuman tercecer di berbagai tempat padahal tempat sampah hampir semua tempat tersedia tempat sampah. Terkadang juga puntung dan juga bungkus rokok berserakan di gang jalan padalhal tempat sampah juga tersedia. Dengan harapan semoga segelintir atau beberapa orang sadar untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan kampung Rotowijayan Kraton Yogyakarta.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: