h1

Celebration Hari Guru Nasional (HGN) di Yogya

November 27, 2008

Dua hari yang lalu tepatnya tanggal 25 November bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional (HGN). Tanggal tersebut diperingati sebagai HGN karena bertepatan pula dengan berdirinya organisasi profesi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Surakarta pada tahun 1945, seratus hari setelah Indonesia merdeka. Di kota Yogyakarta tahun ini semua sekolah dari tingkat TK/RA sampai SLTA semua siswa belajar dirumah atau libur khusus. Kota yang hampir setiap hari kerja mulai pukul 07.30-07.30 lalulintas yang padat dimana-mana, pada hari Selasa kemaren kota Yogyakarta pada jam diatas lengang layaknya lalulintas tahun 1980 an.

Pada hari itu pula berlangsung resepsi peringatan HGN di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yang dihadiri Ketua PGRI Pusat bapak Drs. H. Sigito, M.Si. yang dalam sambutannya menyemangati para guru dengan yel-yel, serta mengingatkan untuk menjadi “Guru yang Profesional, Bermartabat Sejahtera dan Terlindungi Mewujudkan Pendidikan Bermutu” sebagaimana terpampang pada spanduk serta “Sertifikasi Yes Profesional Harus Peningkatan Mutu Pendidikan Pasti”. Demikian pula beliau menyampaikan pada pemilu tahun 2009 nanti mencalonkan dalam DPD, dan para guru diharapkan memberikan dukungan demi untuk dapat memperjuangkan kemajuan pendidikan di negeri kita tercinta ini.

GOR UNY yang dipadati tidak kurang dari 4000 guru bergemuruh dengan lagu diantaranya Indonesia Raya, Hymne Guru, Mars PGRI, dan Syukur. Dengan door price yang disiapkan panitia ratusan bungkus door price, beberapa barang elektronik, beberapa hand phone Esia, dua sepeda, dan satu sepeda motor Honda.

Serangkaian kegiatan dalam memeringati HGN tahun ini di kota Yogyakarta adalah:

Fun bike yang dilaksanakan hari Ahad 23 November 2008 start di Sekretariat PGRI kota Yogyakarta atau di SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta dan finish di Balai Kota Yogyakarta, Donor Darah pada tanggal 24 November bertempat di lapangan Balai Kota Yogyakarta, Resepsi di UNY, dan Seminar pendidikan di Ruang Sidang Utama Balai Kota Yogyakarta pada hari Rabu tanggal 26 November 2008.

Dirgahayu Guru Republik Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: