h1

Sahur Mendapat Barokah

September 3, 2008

Tasahharu fainna fissahuri barokah (Hadis Riwayat an-Nasa’i (4/145) dan Ahmad (5/270). Sanadnya Sahih)yang artinya bersahurlah kamu sekalian sesungguhnya dengan bersahur kamu memperoleh barokah. Sahur adalah makan dan minum dalam mempersiapkan puasa pada waktu sebelum imsak tiba.

Sunnah Rasulullah dalam ukuran makanan yang dimakan baik itu ketika makan sahur, berbuka puasa, ataupun dalam kebiasaan makan keseharian adalah dengan volume sepertiga untuk makanan sepertiga untuk air dan sepertiga untuk udara atau bernafas dan berhentilah makan sebelum kenyang.

Amatlah berlebihan apabila makan sampai kekenyangan (kemlekaren;jw) yang mungkin dialami oleh anak-anak yang suka makan tanpa terkendali yang memungkinkan terjadi pada anak-anak pada saat berbuka puasa maupun pada saat sahur tiba.

Pada saat berbuka puasa maupun sahur bagi anak-anak sering dikenal dengan dendam untuk makan, terutama saat berbuka. Untuk mengendalikan kebiasaan makan kepada anak-anak yang memiliki dendam makan dan mempunyai kelebihan makanan kesukaan anak adalah dengan mengatur porsi dan ukuran makanan yang dikonsumsi anak. Jika tidak demikian maka dendam makan pada anak benar-benar akan terjadi, dan sudah tentu anak atau orang merasakan kekenyangan karena kebanyakan makanan yang dimakan. Sebab itulah sunnah Rasulullah untuk volume makan amat sangat penting untuk ditiru dan dibiasakan sejak dini terutama kepada anak-anak. Terlebih lagi adalah orang dewasa lebih baik mampu menjadi contoh tauladan bagi anak-anak baik dirumah maupun di tempat jamuan makan bersama.

Semoga dengan makan sahut dan tetap menerapkan sunnah Rasulullah dalam makan membuat badan/tubuh dan jiwa tetap sehat, terjaga dalam berbagai kondisi, dan semoga Allah SWT memberhaki semua yang dimakan, amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: