h1

Prepare Fasting with Padusan

August 30, 2008

Berbagai macam cara kaum Muslimin dalam mempersiapkan diri menghadapi dan menyambut bulan yang penuh berkah dan maghfirah. Di kalangan masyarakat muslim Yogyakarta sering dalam menyambut bulan suci ramadhan dengan istilah padusan, yang berasal dari akar kata adus (mandi). Jika padusan kita maknai secara positif maka dengan tradisi dan istilah padusan adalah membersihkan anggota badan dengan mandi. Sudah tentu banyak tempat yang bisa dipakai untuk mandi. Masyarakat tradisional bisa mandi atau membersihkan badan di sungai, tetapi masyarakat kota banyak yang memilih mandi di kolam renang, atau mandi di rumah masing-masing.

Padusan sendiri maksudnya tempat mandi. Secara filosofi berarti mensucikan diri untuk mengahadap yang kuasa dengan mandi. Di masyarakat yogyakarta dikenal dengan padusan di tempat tujuh sungai di yogyakarta, yang mengandung maksud pengenalan wilayah geografis dari Mataram Islam.

Sudah selayaknya apabila mandi di tempat umum selalu menjaga keamanan dan juga kesopanan. Tidak dipungkiri memang mandi di tempat umum seperti kolam renang dengan aurat yang terbuka bagi perempuan, memang bagian utama aurat tertutup tetapi dengan pakaian renang yang ketat bagi perempuan maupun laki-laki, nampak sekali lekuk-lekuk tubuh terlihat jelas. Tidak menutup kemungkinan melihat aurat yang termasuk berdosa jika melihat aurat menjadi alasan. Dengan segala keadaan mandi di kolam renang dengan keadaan yang seperti itu, campur baur tanpa ada pemilahan antara yang sakit kulit dan yang sehat.

Apakah ada cara yang paling aman untuk padusan bagi kaum muslimin di saat sekatang ini? Solusi bagi kaum muslimin dan muslimat adalah dengan mandi di rumah sendiri, dengan segala keadaan membersihkan seluruh anggota badan menggosok dan membersihkan rambut sampai bersih dengan pembersih atau shampo tentunya.

Semuga makna dan arti padusan tidak keluar dari filosofi awal, dan tidak mengurangi kualitas bersih diri kaum muslimin dalam menghadapi bulan puasa tahun 1429 H kali ini, amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: